Advertisement

MASIGNCLEAN103

TIPS SUKSES BERJUALAN DI MARKETPLACE SEBAGAI SUPLIER MAUPUN DROPSHIPER

Halo Teman - teman , senang sekali akhirnya saya bisa kembali menulis setelah menyelesaikan tugas tugas di dunia nyata yang begitu banyak (Alhamdulillah)

kali ini saya ingin membagikan tips tips cara menjadi seller maupun dropshiper di marketplace maupun toko online , agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

memang tips ini perlu ketekunan , kreativitas , ide positif dan konsistensi agar dapat mendapatkan hasil yang maksimal.tetapi jika rutin di lakukan , insyaallah hasilnya tidak mengecewakan.

Berikut akan saya rangkum tips tips agar sukses berjualan online yang telah saya dapatkan dari berbagai sumber,
mudah mudahan bisa memberikan manfaat untuk teman-teman semua ya.

1. Bangun toko Online (termasuk di marketplace) agar terlihat bagus,kreatif dan profesional

Tampilan awal toko akan berpengaruh pada minat calon pembeli untuk berbelanja di toko kita.
jika tampilan toko kita baik dan menarik , tentu calon pembeli akan percaya bahwa kita adalah seller yang profesional dan dapat melayani dia dengan baik.
dengan demikian , hilangkan peribahasa "Dont't judge the book by the cover"
toko asal-asalan ga masalah yang penting di promosikan terus
Mohon hilangkan presepsi itu , karena "Kesan Pertama menentukan calon pembeli untuk tindakan selanjutnya (jadi belanja atau mencari toko lain) "

Sedikit tips dari saya : Buatlah nama toko yang mencerminkan apa yang kita jual.
agak lucu jika kita punya toko : Owob's Pusat Obat Herbal tetapi yang di jual adalah kategori Komputer dan Aksesories

Jadi Rangkuman nya :

Buat Nama Toko yang berhubungan dengan apa yang kita jual
Gunakan Logo untuk foto Profil toko agar terlihat profesional
Buat deskripsi toko yang menarik
dll

2. Jual Produk Yang Berkualitas (Jika memungkinkan Jual Produk Unik Yang Jarang Ada Di Pasaran)

Mengapa Harus Berkualitas ?
Karena di Marketplace maupun Online shop , pembeli di hadapkan dengan produk2 yang hampir sama , Malah ada yang sama persis.
tetapi jika produk kita berkualitas , itu akan memberi peluang bagi pembeli untuk repeat order / membeli lagi ke toko kita jika produk yang kita jual memang berkualitas.

Mengapa Produk Unik ?
Dengan menjual produk unik , kita hanya memiliki sedikit pesaing , dengan begitu jika orang ingin membeli produk tersebut harus mengunjungi toko kita.
produk unik dan berkualitas tidak harus produk import
Di sekitar kita banyak produk2 lokal yang tidak di jual di daerah lain , nah kita manfaatkan itu.
Mungkin bagi kita produk tersebut biasa biasa saja , namun di daerah lain mungkin bisa bernilai ekonomi tinggi.
contoh : kerajinan khas daerah kita masing2 , oleh2 khas daerah kita , dll
Cara ini juga dapat meningkatkan perekonomian di daerah kita dengan membantu memasarkan produk UMKM daerah kita agar lebih di kenal di Indonesia bahkan Dunia.

3.Harga Yang Bersaing dan Masuk Akal

Karena di marketplace adalah tempat banyak penjual berkumpul dengan berbagai macam produk dan harga. Maka calon pembeli akan lebih mudah untuk memilih produk mana yang akan dibeli dengan membandingkan berbagai unsur, salah satunya dari segi harga. Jika kita bisa memberikan harga yang lebih terjangkau, itu akan lebih baik. Oleh sebab itu sebelum memberikan harga, lakukanlah riset terlebih dulu rentan harga dari kompetitor Anda.

Sebagai droshiper mungkin berfikir Harga tidak akan bisa bersaing dengan suplier karena kita harus markup harga untuk mendapatkan keuntungan , tetapi kita bisa menutupi itu dengan hal lain yang bisa kita unggulkan. (akan di bahas nanti pada pembahasan selanjutnya)

4. Fast Respon Dalam Membalas Chat / Proses Pesanan

Berikan jam buka toko yang Pasti, misalkan jam 8 pagi sampai 5 sore. Di jam tersebut Anda harus fast respons dalam membalas pertanyaan customer. Customer lebih memilih membayar lebih mahal dengan pelayanan baik, dibandingkan membayar murah tapi slow respons.

Disinilah jawaban untuk teman teman dropshiper untuk Point 3 tadi (Harga Bersaing dan Masuk Akal)
Kita tidak bisa menjual produk dengan harga sama / lebih murah dari suplier ,
dengan demikian , kita harus fast respon dalam melayani calon pembeli terutama saat chating menanyakan ketersediaan stock.
karena rata-rata calon pembeli di toko online adalah orang-orang yang sibuk , jadi saat mereka chat ke penjual dan tidak ada respon , mereka akan segera mencari toko lain meskipun harga nya "agak sedikit lebih mahal" (Harga Dropshiper) ,
Manfaatkan itu untuk memikat calon pembeli dengan fast respon agar mereka tidak lagi mencari toko lain untuk di tanya mengenai ketersediaan stock

5. Nama Produk Dan Deskripsi Jelas Dan Berbeda Dengan Kompetitor

Membeli secara online, berarti seorang pembeli tidak melihat secara langsung barang yang akan dibelinya. Biasanya, gambaran produk hanya diperoleh dari deskripsi barang dan foto produk yang dicantumkan pada iklan. 
Agar calon Pembeli mendapatkan barang sesuai dengan ekspektasi mereka, maka kita harus memberi deskripsi barang dengan baik dan lengkap serta mencantumkan foto asli dari barang tersebut. Selain itu, harga juga harus tertera di setiap produk (Jika berjualan di luar Marketplace)

Bagi Dropshiper , jangan hanya mengandalkan system copy-paste foto produk maupun deskripsi dari suplier , tanpa meng-Edit nya terlebih dahulu sebelum di upload ke toko sendiri.
Calon pembeli pasti akan jenuh melihat foto produk dan deskripsi yang sama saat melakukan pencarian produk yang ingin mereka beli.
buatlah "berbeda" agar menarik perhatian calon pembeli.
Edit-edit Foto beserta deskripsi sangat penting , lakukan UPDATE secara berkala dan rutin agar toko terlihat selalu aktif dan di percaya oleh calon pembeli.

Demikian tips yang dapat saya bagikan , mohon maaf jika tips nya kurang lengkap ,
jika ada waktu Insyaallah akan saya update kembali untuk meningkatkan penjualan teman-teman di bisnis online.

Salam....
Share This :
owob33blog